Headline news of
CP2-TANGERANG
23/03/2014 20:53:19 From Tony Morata
Kepada rekan rekan CPP Tangerang,. . . . . Karena kendala lokasi, CPP Tangerang jadi jarang mengadakan Kopdar. Untuk itu kami akan tetap berusaha mengadakan Kopdar dengan cara yang lain dan berbeda. Rencana kita mau mengadakan kopdar sambil Tour CPP Tangerang. sebagai final survai lokasi , kami menetapkan lokasi di Pantai Legon Prima , Anyer. Kopdar dengan nuansa yang lebih akrab. Rencana nanti ada,berbagai macam game dengan hadiah yang menarik, fasilitas bis , konsumsi dan snack. Untuk waktu dan akomodasi nanti akan kita perhitungkan secepatnya. Sebagai awal dari rencana ini bagaimana antusias dan saran mohon di share di sini. Monggo .....
CP-2 tangerang kompak bersama...

26/05/12

ADA KONFLIK, ADA SOLUSI PENYELESAIANYA

Jika konflik semakin berat karena lama terpendam maka penting bagi kita untuk menemukan konflik atau sumbernya sedini mungkin. Permasalahan atau konflik yang terjadi antara Anggota atau Anggota dengan korwil dapat diatasi dengan komunikasi. Komunikasi harus di antisipasi dengan baik dan dengan system yang terstruktur. Karena jika masalah komunikasi antara anggota dan korwil tidak lancar maka bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya mogok,mutung,dll, bahkan
demo.hahahahaha[koyo opo wae demo]
Pemimpin/TETUA harus dapat membuat keputusan yang terbaik dan efektif guna menyelesaikan permasalahan yang ada. Sehingga untuk mensiasati masalah ini biasa dilakukan dengan berbagai cara:
1. Membentuk suatu system informasi yang terstruktur, agar tidak terjadi kesalahan dalam komunikasi. Misalnya, dengan membuat papan pengumungan atau pengumuman.<media apa aja banyak macam>
2. Buat komunikasi dua arah antara angota dan korwil menjadi lancar dan harmonis, misalnya dengan membuat rapat rutin, karena dengan komunikasi yang dua arah dan intens akan mengurangi masalah di lapangan.
3. Observasi langsung. Tidak semua konflik disuarakan oleh para Anggota. Karena itu ketajaman observasi dari korwil akan bisa mengetahui ada tidaknya suatu (sumber) konflik.
4. Kotak Saran. Cara semacam ini bisa digunakan.Cara ini efektif karena para pengadu tidak perlu bertatap muka dengan pimpinan/yang dianggep ketua. Bahkan bisa merahasiakan identitasnya.

Konflik tidak bisa dihindari tetapi dapat diatasi! Untuk dapat mengatasi konflik maka seorang pemimpin perlu memiliki kreativitas dalam mencari pemecahaan dari suatu masalah. Contoh kasus yaitu dalam rapat mingguan  pastilah masing-masing individu memiliki argumen dan pendapat yang berbeda-beda. Perbedaan pendapat tersebut terkadang dapat memicu adanya suatu perdebatan yang apabila dibiarkan dapat berujung pada konflik. Dan tentunya hal ini dapat menghambat lahirnya suatu keputusan bersama. Untuk itu pimpinan  atau pimpinan rapat harus bersikap bijak dalam menyelesaikan konflik tersebut. Cara-cara yang dpat dilakukan antara lain yaitu :
a. Memanggil<tidaqk harus betatap muka/lewat media> anggota yang terlibat untuk diberikan arahan. Seorang pemimpin harus berhasil mengeluarkan masalah-masalah yang membuat konfklik yang terjadi pada anggota tersebut, untuk dicarikan solusinya melalui musyawarah bersama.
b. Melakukan evaluasi terhadap berbagai kemajuan atau kemunduran yang diperoleh.
c. Membuat peraturan bersama dengan anggota agar ketika konflik yang mengacu pada dampak negatif sehingga mengakibatkan hancurnya group tersebut, maka bisa dipertanggung jawabkan oleh pihak yang terlibat karena adanya peraturan yang sudah disepakati bersama.

.......DAMAI ITU INDAH.......
<yow..pora>


0 komentar: